<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d11226496\x26blogName\x3dTetirah+...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://irfanmoe.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://irfanmoe.blogspot.com/\x26vt\x3d6101411460645826096', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
Tetirah ...

Adalah sebuah "laku" untuk beristirahat sejenak dari rutinitas. Di sini akan terendapkan segala penat dan kepayahan hidup. Situs ini dibangun bukan untuk siapapun, melainkan bagi kicauan burung-burung, semerbak bunga-bunga, bening telaga, dan hijaunya rerumputan. 

Monday, March 21, 2005

6:14 PM - Manusia Bodoh

Dahulu terasa indah
Tak ingin lupakan
Kemesraan slalu jadi
Satu kenangan manis

Tiada yang salah
Hanya aku manusia bodoh
Yang biarkan semua
Kini permainkanku berulang-ulang kali...



Siapa yang tak kenal lagu di atas. Ada Band menelorkan tembang ini dalam album terbarunya, Heaven of Love. Televisipun ikut mempopulerkan dengan sejudul sinetron yang mentah-mentah diambil dari judul lagu ini : Manusia Bodoh. Selanjutnya seantero nusantara menyanyikan lagu ini. Di pasar, di warung-warung, di lapak-lapak VCD bajakan, di audisi AFI, dan di segala tempat dan kesempatan. Dan saya pun berkesempatan menikmati lembutnya alunan lagu ini dari seorang teman, kakak, sekaligus sahabat, Mas Burliyan "Timbul" Prasetyo. Entah terkait dengan pengalaman pribadi, sebuah pengakuan, atau apa, yang jelas saat itu beliau menyanyikannya dengan sepenuh hati. Bagi saya, petikan gitar dan olah vokalnya saat itu tidak kalah dengan Donnie, sang vokalis Ada Band.

Manusia bodoh menceritakan pergolakan batin seorang pemuda yang dikhianati pacarnya. Dalam perenungan tersebut, dia sempat mengakui bahwa dia menjadi "bodoh", karena begitu mencintai gadisnya. Meski dikhianati berulang-ulang, namun kok tetap bertahan yo? Nah loo.... yang udah berpengalaman akan hal-hal beginian pasti paham alasannya. Banyak pemuda-pemudi yang menjadi bodoh karena urusan cinta. Logika gak jalan, analisa gak mempan. Konon hal ini disebabkan perasaan yang lebih berkuasa ketimbang logika. Anehnya, walaupun goblok, mereka gak pernah mengeluh atas kegoblokannya. Bahkan, sebagian besar begitu menikmati kebodohan yang mereka miliki. Mirip candu, memabukkan namun tetap memikat untuk direguk.

Kebodohan-kebodohan ini akan terus berlanjut selama ada laki-laki dan perempuan. Yang menarik, ternyata di Indonesia terdapat kebodohan-kebodohan yang tidak hanya disebabkan oleh lawan jenis. UNDP mencatat bahwa angka HDI (Human Development Index) Indonesia 0.692 (data tahun 2004). Dengan angka sebesar ini, Indonesia hanya mampu menempati rangking ke-111. Bandingkan dengan tetangga kita, Malaysia. Mereka mampu menempati posisi ke-59. Kita patut malu sama saudara-saudara kita di Palestina. Di tengah-tengah hujan peluru, mereka masih sanggup menempatkan bangsanya di posisi ke-102. Aneh bukan?
Bagaimana bisa negeri yang kaya akan minyak, malah jadi pengimpor minyak? Jutaan insinyur telah kita produksi setiap tahun. Mosok rek.. gak ono sing iso nambang sitookk ae? (Masak rek gak ada yang bisa menambang satupun?). Apa gak lucu, kita dulu yang gembar-gembor swasembada beras, sekarang malah impor beras dari Thailand? Belum lagi gula, sapi, ayam, bahkan peniti yang selalu made in vietnam, australi atau china ! Kemana orang-orang pintar ini ngumpet??

Ada yang salah dengan negeri ini. Entah disukai atau tidak, kita semua di Indonesia memang sekumpulan manusia bodoh.

Malang, 21 Maret 2005


Post a Comment

©  irfan 2005